Sabtu, 10 Desember 2011

tugas softskill minggu ke- 4

MINGGU KE 4
1)    sebutkan perbedaan wiraswasta dan wiraswastawan serta unsur yang dimiliki wiraswasta??
jawab :
perbedaan wiraswasta dan wiraswastawan serta unsure yang dimiliki ialah
- wiraswasta : Dengan melihat arti etimologis di atas bisa diambil pengertian wiraswasta ialah keberanian, keutamaan, atau keperkasaan dalam berusaha dengan bersandar pada kekuatan sendiri.
-wiraswastawan : eseorang yang memiliki kepribadian tertentu secara kualitatif lebih dari manusia pada umumnya yakni memiliki kemampuan yaitu berdiri diatas kekuatan sendiri ,mengambil resiko ,menetapkan tujuan atas pertimbangan sendiri, memiliki semangat bersaing yang kuat ,berorientasi kerja keras , kreatif inovatif , motivasi berprestasi. unsur wiraswasta:
1. pengetahuan
2. keterampilan
3. sikap mental
4. kewaspadaan
2)    Bagaimana perkembangan franchising di indonesia???
jawab :
Di Indonesia, sistem franchising mulai dikenal pada tahun 1950-an, yaitu dengan munculnya dealer kendaraan bermotor melalui pembelian lisensi. Perkembangan kedua dimulai pada tahun 1970-an, yaitu dengan dimulainya sistem pembelian lisensi plus, yaitu franchisee tidak sekedar menjadi penyalur, namun juga memiliki hak untuk memproduksi produknya . Agar franchising dapat berkembang dengan pesat, maka persyaratan utama yang harus dimiliki satu teritori adalah kepastian hukum yang mengikat baik bagi franchisor maupun franchisee. Karenanya, kita dapat melihat bahwa di negara yang memiliki kepastian hukum yang jelas, waralaba berkembang pesat, misalnya di AS dan Jepang. Tonggak kepastian hukum akan format franchising di Indonesia dimulai pada tanggal 18 Juni 1997, yaitu dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah (PP) RI No. 16 Tahun 1997 tentang franchising. PP No. 16 tahun 1997 tentang franchising ini telah dicabut dan diganti dengan PP no 42 tahun 2007 tentang franchising.
3)    Beri 5 contoh rill usaha franchising di bidang : Pendidikan Kesehatan Salon dan perawatan Makanan dalam negeri/local Otomotif?
Jawab :
pendidikan :LIA, G.O, NF, primagama,LPIA
kesehatan : apotek,toko obat,
Salon dan perawatan : Gea salon, citra salon,salon cantik,salon hewan dan
makanan : pizza hut,kfc,bakso ojolali,burger klenger,
otomotif : bengkel, cuci steam motor, king motor,
4)    Jelaskan perbedaan kewirausahaan dengan bisnis kecil, dan contoh kasus yang nyata??
 jawab :
perbedaan kewirausahaan dengan bisnis kecil, dan contoh kasus
kewirausahaan : kewirausahaan adalah proses mengidentifikasi, mengembangkaan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu.
bisnis kecil : bisnis kecil merupakan bisnis yang dikelola sendiri dan secara mandiri yang tidak mendomasikan pasarnya. contoh kasus : Kasus nyata seorang pebisnis kecil menjadi wirausahaan yang sukses yaitu Made Ngurah Bagiana ,seorang merupakan orang yang patuh dicontoh ,karena dia merupakan orang yang percaya akan mimpi dan harapan ,tentunya disertai dengan kerja keras ,ia mengawali bisnisnya hanya dengan 2 gerobak . Kini ia memiliki 10 pabrik dan 2000 outlet Edam Burger yang tersebar di seluruh Indonesia .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar