Rabu, 14 Desember 2011

Kinerja Pasar Modal Tak Terpengaruh Krisis Global

JAKARTA - Krisis global yang masih terus terjadi saat ini dikatakan tidak mengganggu kondisi pasar modal Indonesia. Kondisi pasar modal Indonesia yang disebut-sebut masih dalam kondisi normal.

Hal ini disampaikan Menteri Keuangan Agus Martowardojo ketika ditemui seusai salat Jumat, di lingkungan Kemenkeu, Jakarta, Jumat (2/12/2012).

"Tapi kalau kita bandingkan dengan posisi akhir tahun, kita masih di dalam kondisi yang normal. Yang biasa kita lihat adalah bagaimana Bank Indonesia (BI) mengelola exchange rate-nya dan bagaimana pasar modal kondisinya dibandingkan dengan awal tahun," ujarnya.

Bukan hanya itu, Agus juga mengatakan pemerintah juga telah menyiapkan diri dalam menghadapi krisis global yang lebih buruk.

"Kita pun siap respons, stabilisasi pasar uang, pasar modal kita, dalam jangka menengah dan yang lebih panjang," jelasnya

Walaupun demikian, dia mengaku pemerintah akan terus mengkaji dan mempersiapkan diri dalam menghadapi krisis ini. Dan juga dia mengatakan koordinasi di pemerintah untuk antisipasi telah sampai di tingkat presiden dan paripurna.

Lebih lanjut dia menjelaskan, kondisi krisis saat ini tidak jauh berbeda dengan krisis yang terjadi tahun 2008-2009 yaitu kondisi krisis yang bisa datang tiba tiba ataupun bertahap. Oleh karena itu sambungnya, antisipasi secara inti sudah disiapkan pemerintah.

"Tetapi secara inti kalau krisis itu terjadi, kita siap dengan semua cadangan risiko yang udah kita siapkan, tapi kalau ternyata itu memerlukan reaksi yang lebih besar, kita akan lakukan perubahan APBN. Dan kita akan lakukan lebih awal dari yang biasanya kita lakukan," pungkasnya. (ade)

http://economy.okezone.com/read/2011/12/02/278/537190/kinerja-pasar-modal-tak-terpengaruh-krisis-global

Tidak ada komentar:

Posting Komentar